Teroris Serang Markas Militer Pakistan, 10 Orang Gugur

Militer Paksitan
Militer Pakistan di perbatasan dengan Afghanistan. Foto: AFP

Pakistan –  Militer Pakistan mengatakan, terjadi serangan dari pihak militan terhadap pangkalan keamanan di Provinsi Baluchistan. Serangan tersebut telah menewaskan sedikitnya 10 tentara.

“Serangan mematikan dari teroris itu terjadi Selasa malam di Kech, sebuah distrik terpencil Pakistan di sebelah perbatasan dengan Iran,” menurut sayap media militer, seperti dikutip dari VOA, Jumat 28 Januari 2022.
 
Dikatakan bahwa pasukan keamanan terlibat dalam baku tembak sengit berikutnya telah menewaskan sedikitnya satu penyerang dan melukai beberapa lainnya. “Sambil memukul mundur tembakan teroris ,10 tentara mati syahid,” kata pernyataan itu.
 
Pihak militer menambahkan bahwa pasukan keamanan telah menangkap tiga teroris dalam operasi pembersihan lanjutan yang sedang berlangsung di daerah itu.
 
Sebuah kelompok militan terlarang yang dikenal sebagai Front Pembebasan Baluchistan (BLF) mengaku bertanggungjawab atas apa yang tampaknya merupakan salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan Pakistan, di provinsi berpenduduk jarang dalam beberapa bulan terakhir.
 
Beberapa organisasi separatis bersenjata etnis Baluch, termasuk BLF, aktif di Baluchistan yang kaya sumber daya alam dan secara rutin mengklaim serangan terhadap pasukan pemerintah.

Taliban Pakistan yang dilarang, yang dikenal sebagai Tehrik-i-Taliban Pakistan atau TTP, hadir di provinsi yang juga berbatasan dengan Afghanistan. Namun dalam beberapa tahun terakhir, beberapa serangan terhadap pasukan keamanan dan warga sipil di Baluchistan telah diklaim oleh teroris Islamic State (ISIS).
 
Pakistan telah mengalami peningkatan serangan militan di distrik barat daya dan barat lautnya, ketika serangan yang dipimpin militer membongkar infrastruktur militan. Serangan itu menewaskan ribuan militan dan memaksa lainnya melarikan diri melintasi Afghanistan. ( Fikri )