Taliban Temukan Uang Rp92 M di Rumah Eks Wapres Afghanistan

Mantan Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh

Kabul, CTRS.iD – Taliban yang kini menguasai Afghanistan mengklaim menemukan uang tunai sebesar US$6,5 juta dolar atau setara Rp92 miliar di rumah mantan Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh.

Uang tunai itu dilaporkan ditemukan saat milisi Taliban melakukan operasi penggeledahan ke rumah Saleh di Lembah Panjshir. Klaim ini muncul dalam sebuah rekaman video yang dirilis kelompok tersebut.

“Hari ini Mujahidin (anggota) kami mendapat US$6,5 juta dolar dan 18 koin emas dari rumah Amrullah Saleh. Kami akan mengembalikan uang itu ke Kementerian Keuangan,” kata seorang anggota Komisi Kebudayaan Taliban, Shahab Lewal, seperti dilansir TOLO News, Selasa (14/9/2021).

Sejak Taliban mengambil alih kekuasaan dari pemerintah Afghanistan pimpinan Ashraf Ghani pada 15 Agustus lalu, Saleh mendeklarasikan diri sebagai penjabat presiden sah negara itu.

Saleh kemudian bergabung dengan pasukan loyalis Ahmad Massoud yang dikenal dengan Pasukan Perlawanan Nasional (NRF) melawan Taliban dari Lembah Panjshir. Namun wilayah yang menjadi basis kelompok NRF ini diklaim telah berhasil direbut dan dikuasai Taliban. *Ristia