Taliban Tangkap Anggota Isis Akibat Bom Di Masjid Syiah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta – Pasukan Taliban telah menangkap seorang tersangka militan ISIS yang merencanakan serangan bom yang menewaskan sedikitnya 12 jemaah di sebuah masjid Syiah di Afghanistan.

ISIS telah mengklaim ledakan bom yang terjadi di masjid Seh Dokan saat salat dzuhur di kota Mazar-i-Sharif pada hari Kamis (20/4) tersebut. Serangan bom itu juga juga melukai 58 orang.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (21/4/2022), juru bicara kepolisian provinsi Balkh, Asif Waziri, mengatakan Abdul Hamid Sangaryar adalah anggota kunci ISIS.

Dia adalah dalang serangan kemarin di masjid,” kata Waziri kepada AFP.

Kementerian Dalam Negeri juga melaporkan penangkapan Sangaryar, seorang warga negara Afghanistan.

“Dia memainkan peran kunci dalam beberapa serangan di masa lalu dan berulang kali berhasil melarikan diri, tetapi kali ini kami menangkapnya dalam operasi khusus,” kata Waziri.

ISIS juga mengklaim serangan bom terpisah di kota Kunduz pada hari Kamis (21/4) yang menewaskan empat orang dan melukai 18 orang.

Kelompok itu telah mengklaim tanggung jawab atas sejumlah serangan mematikan di Afghanistan, sering kali terhadap target Syiah, bahkan ketika jumlah pengeboman telah menurun sejak Taliban merebut kekuasaan pada Agustus tahun lalu.

Para pejabat Taliban bersikeras bahwa pasukan mereka telah mengalahkan ISIS, tetapi para analis mengatakan kelompok itu masih menjadi tantangan keamanan utama.

Taliban kerap menyerbu tempat-tempat yang dicurigai sebagai persembunyian ISIS, terutama di provinsi Nangarhar, Afghanistan timur – benteng ISIS-Khorasan (ISIS-K), sayap lokal kelompok radikal tersebut. ( Fikri )