Taliban Dapat Investasi dari Jerman

ilustrasi taliban

Berlin, CTRS.iD – Taliban siap menyambut investasi dan bantuan Jerman, termasuk bantuan kemanusiaan, layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Pernyataan ini diungkap Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, kepada surat kabar Bild.

“Pemerintah Jerman dapat mendorong para pengusaha untuk datang dan berinvestasi di negara kami,” kata Mujahid dalam wawancara Bild yang terbit Senin (6/9).

Ia berjanji, Taliban akan membuka jalan bagi investasi dan memastikan keamanan perusahaan. Ia bahkan mengatakan, akan sangat gembira jika Kanselir Jerman Angela Merkel datang berkunjung ke Afghanistan.

“Kami ingin menghidupkan atmosfer persahabatan yang ada di antara rakyat Afghanistan dan rakyat Jerman. Pemerintahan baru akan berlandaskan pada persahabatan dengan Jerman,” katanya.

Pada masa lalu Jerman memang tetap menjalin hubungan dengan Afghanisan. Bahkan setelah Taliban digulingkan pasukan sekutu pimpinan Amerika Serikat pada 2001, Jerman menggelar konferensi di Bonn yang melibatkan Taliban. *ristia/sudin