Pindahnya USS Porter dari Laut Hitam ke Mediterania, Seusai Membuat Marah Rusia.

Kapal perusak berpeluru kendali USS Porter menjadi ancaman bagi Rusia di Laut Hitam

Kapal perusak berpeluru kendali USS Porter memulai transisinya dari Laut Hitam ke Laut Mediterania pada Selasa (16/11/2021). Kabar itu diungkapkan Armada Keenam Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

“Kapal perusak dengan rudal kendali kelas Arleigh Burke, USS Porter (DDG 78), memulai transit menuju selatan yang dijadwalkan dari Laut Hitam ke Laut Mediterania setelah melakukan operasi dan latihan maritim bersama sekutu dan mitra @NATO, 16 November 2021,” tweet Armada Keenam AS.

Armada Keenam AS mengumumkan pada November bahwa kapal andalannya Mount Whitney sedang menuju Laut Hitam untuk melakukan operasi dengan sekutu dan mitra NATO.

Sebelumnya, Mount Whitney bersama kapal perusak USS Porter memasuki pelabuhan Batumi, Georgia.

Pada 11 November, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menunjukkan peningkatan aktivitas militer AS dan NATO di wilayah Laut Hitam. Selama 24 jam terakhir, empat pesawat pengintai NATO terdeteksi dan dikawal pasukan rudal anti-pesawat Rusia.

Moskow marah dengan kehadiran banyak kapal perang AS dan NATO di dekat wilayah Negeri Beruang Merah itu.

Rusia menganggap latihan tak terjadwal di dekat perbatasan Rusia sebagai agresi yang mengancam stabilitas regional. (Rendi)