Pengamat Radikalisme dan Ekstremisme: Waspada Peta Gerakan Radikalisme di Ciamis Mengakar

Pengamat Radikalisme dan Ekstrimisme Ihsan Mujahid, SH
Pengamat Radikalisme dan Ekstrimisme Ihsan Mujahid, SH

Ciamis – Pengamat radikalisme dan ekstremisme Ihsan Mujahid, SH, disebut-sebut mengetahui peta gerakan radikal yang bercokol di Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, MUI Ciamis harus membersihkan setiap wilayah kerja MUI sebelum Musda Majelis Ulama Indonesia di Kabupaten Ciamis.

“Kenapa demikian, karena Ciamis merupakan kota yang termasuk nominasi penyumbang gerakan radikalisme,” ujarnya, Senin (20/9/2022).

Ihsan menyebutkan, Musda MUI Ciamis harus dijadikan pembahasan yang serius. Jangan hanya menentingkan suatu kelompok ormas agama tertentu.

 “Harus bersatu guna meredam gerakan radikalisme di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Lanjut Ihsan, MUI Ciamis harus hadir dan berperan di daerah daerah bahkan di desa dan pelosok-pelosok Ciamis. Bahkan harus menyisir setiap gerakan yang menimbulkan pemahaman radikalisme dan ekstremisme.

 “Jika perlu MUI harus mengadakan musyawarah dan tes setiap pengurus MUI,” ucapnya.

Penuturan Ihsan, MUI Kabupaten Ciamis dan di setiap kecamatan serta desa harus punya pemahaman wawasan kebangsaan yang Rahmatan lil’alamin.

“Karena itu sebagai bentuk usaha membuktikan di mata publik, bahwa Ciamis siap menjadi kota yang aman dan jauh dari keterlibatan pemahaman radikalisme dan ektremisme yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Ia berharap Musda MUI Ciamis tidak hanya bisa dijadikan sebagai ajang pergantian ketua, tetapi rencana kerja MUI ke depan harus dibicarakan untuk mengurangi radikalisme dan ekstremisme di Ciamis.

“MUI Ciamis harus dicuci bersih dari orang orang yang hanya memanfaatkan jabatan tapi tak bisa kerja dan tak paham Ciamis,” kata Ihsan.

Ketika tim menghubungi Harian MUI Ciamis Sumadi melalui WhatsApp untuk memberikan komentar, tidak ada jawaban yang diberikan bahkan ketika dibuka. ( RBY )