Simulasi Pendanaan Terorisme

Unduh : Pendanaan Terorisme Bermotif Etnis atau Ras

Dokumen FATF Report – Ethnically of Racially Motivated Terrorism Financing ini berfokus pada pendanaan di balik terorisme bermotif etnis atau rasial, yang juga disebut sebagai terorisme sayap kanan ekstrem. Serangan ekstrem sayap kanan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, oleh hingga membuat adanya kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran tentang fenomena kompleks ini dan pembiayaannya.

Sementara sebagian besar serangan ini dilakukan oleh aktor tunggal yang didanai sendiri, mereka juga dapat melibatkan organisasi kecil dan menengah, serta gerakan sayap kanan ekstrem transnasional. Beberapa negara telah menetapkan kelompok atau individu ini sebagai teroris dan ada perbedaan dalam rezim hukum negara untuk menangani kegiatan mereka.

Kelompok sayap kanan ekstrim dapat memperoleh dana dari kegiatan kriminal, tetapi sebagian besar dana berasal dari sumber yang legal, seperti sumbangan, biaya keanggotaan dan kegiatan usaha. Kelompok-kelompok ini menjadi semakin canggih dalam cara mereka bergerak dan menggunakan dana dengan adanya hubungan transnasional yang berkembang di antara kelompok-kelompok tersebut.

FATF Report ini juga menyoroti tantangan dalam menangani pendanaan terorisme sayap kanan ekstrem dan mencegah serangan. Tantangan tersebut termasuk bagaimana negara memandang ancaman tersebut, mulai dari terorisme, hingga kekerasan bermotif rasial.

FATF Report ini mendorong negara-negara untuk terus mengembangkan pemahaman mereka tentang aktivitas kriminal transnasional yang semakin meningkat ini, termasuk dengan mempertimbangkan pendanaan terorisme bermotif etnis atau ras dalam penilaian risiko nasional mereka. Ini juga mendorong mitra publik, swasta dan internasional untuk bekerja sama mengidentifikasi ancaman dan bertukar best practices dalam memerangi pendanaan terorisme yang bermotivasi etnis atau rasial.

Temuan dalam laporan ini didasarkan pada masukan dari sekitar 30 yurisdiksi di seluruh Jaringan Global FATF, serta keahlian dari sektor swasta dan badan internasional yang bermitra dengan FATF. (Jack)