PBB Melansir Sejak Januari-Agustus Israel Bunuh 55 Warga Palestina

Tentara Israel menangkap pemuda Palestina

Gaza, CTRS.iD – Dari laporan terbaru dari Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), setidaknya, sudah ada 55 warga Palestina yang dibunuh pasukan Israel di Tepi Barat di tahun ini. Dikatakan, pembunuhan itu, semuanya dilakukan dengan peluru tajam.

“Keseluruhan, pasukan Israel melukai 221 warga Palestina di Tepi Barat,” kata laporan itu dikutip Yeni Safak, Ahad (29/8). Dan sekitar 527 bangunan milik warga Palestina juga dihancurkan selama pertengahan 2021 ini di Area C Tepi Barat. Akibatnya, sebanyak 733 orang dikabarkan pindah secara paksa.

Israel juga mencegah warga Palestina untuk melakukan proyek konstruksi di bagian Tepi Barat yang ditetapkan sebagai Area C, dan berada di bawah kendali administratif serta keamanan Israel.

Padahal di bawah Kesepakatan Oslo 1995 antara Israel dan Otoritas Palestina, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dibagi menjadi tiga bagian yaitu Area A, B, dan C. Area C saat ini menjadi rumah bagi 300 ribu warga Palestina.

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai wilayah pendudukan, dan menganggap semua aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi di sana ilegal. Ristia/Sudin Hasibuan