Pangdam Kasuari Pimpin Upacara Pelepasan 4 Jenazah Prajurit TNI AD

Prajurit TNI yang gugur dalam penyerangan Pos Koramil Persiapan Kisor, Aifat Selatan

Sorong, CTRS.iD – Panglima Kodam Kasuari, Mayjend TNI I Nyoman Chatiasa didampingi Gubernur Papua Barat dan Kapolda Papua Barat melepas empat jenazah prajurit TNI AD yang gugur akibat penyerangan kelompok bersenjata di Pos Rayon Militer (PosRamil), kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat yang terjadi pada Kamis (2/9/2021) dini hari kemarin.

Upacara pelepasan jenazah digelar secara militer di Markas Korem 181/Praja Vira Tama, Jumat (3/9/2021). Usai upacara militer, empat jenazah dibawa menuju Bandara DEO Sorong dan selanjutnya akan diberangkatkan ke kampung halaman masing-masing, menggunakan pesawat komersial.

“Keempat jenazah akan dibawa sekitar pukul 13.45 WIT sesuai dengan alamat kampungnya masing-masing,” tutur Kepala Penerangan Korem 181/PVT, Mayor Inf Puguh Prandono kepada sejumlah awak media, Jumat (3/9/2021).

Berdasarkan data para prajurit, lanjutnya, jenazah Lettu CHB Dirman akan terbangkan ke Bima, Nusa Tenggara Timur; Jenazah Praka Muhammad Dhirhamsyah ke Pangkep, Sulawesi Selatan; Jenazah Pratu Sul Ansyari Anwar akan dipulangkan ke Sulawesi Selatan. Sementara jenazah Serda Ambrosius Apri Yudiman akan dikirimkan ke Kalimantan Barat.

Sebelumnya diberitakan sekitar 50 orang tak dikenal menyerang Posramil Kisor di Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Penyerangan yang dilakukan Kamis (2/9/2021) pukul 03.00 WIT dini hari itu mengakibatkan empat prajurit TNI gugur dan dua lainnya mengalami luka berat dan lima lainnya selamat.

Pihak TNI mengklaim, kelompok penyerang adalah kelompok teroris bersenjata pimpinan Manfet Paten yang beroperasi di wilayah tersebut. Saat ini Pasukan TNI dan Polri masih terus memburu kelompok teroris bersenjata tersebut. *Ristia