ODGJ Blitar Ngamuk Ingin Membakar Rumah

Mukani alias Kentang memindahkan perabotan yang tersisa dari rumahnya yang terbakar.

Blitar Rumah Mukani (61), warga Dusun Tambakrejo, Desa Ngadri, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar dibakar oleh tetangga sendiri, Ngademo (55) yang diketahui mengalami ganguan jiwa. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (30/11/2021) malam. Ngademo sendiri sudah tiga tahun menempati rumah orangtuanya di seberang rumah Mukani. Pria 55 tahun tersebut sudah tiga kali dirawat di rumah sakit jiwa. Tak hanya itu. Ngademo ternyata pernah dua kali membunuh orang di Tulungagung. Ia juga pernah membunuh rekannya sesama penghuni panti rehabilitasi di Kediri sekitar tiga tahun lalu.

Kebakaran di rumah Mukani tersebut berawal saat Ngademo tiba-tiba masuk ke rumah Mukani dan menyiramkan bensin ke arah sepeda motor yang ada di ruang tamu pada Selasa malam.

Mengetahui hal tersebut, Mukini memilih menyingkir. Namun sang istri, Mujiyem (55) bertahan di teras rumah sambil terus memanggil nama anaknya, Erna (21). Mujiyem khawatir dengan Erna yang masih di dalam rumah. Ngademo kemudian menyuruh Mujiyem untuk menyingkir dan tak lama kemudian pria itu menyulut api ke motor milik anak Mukani yang sudah disiram bensin. “Minggir! Biar aku bakar rumah teroris ini,” kata Ngademo saat itu seperti ditirukan oleh Mukani. (Rendi)