Menlu Inggris Liz Truss Kunjungi Indonesia Dalam Menjalin Hubungan Keamanan

Menlu RI Retno Marsudi (kanan) dan Menlu Inggris Liz Truss (kiri). Dok.Kementrian Luar Negeri RI

JAKARTA – Dalam rangka menjalin hubungan keamanan dan ekonomi yang lebih erat dengan Indonesia, Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Liz Truss berkunjung ke Jakarta pada hari ini, Kamis (11/11/2021) hingga Jumat besok.

Indonesia diperkirakan akan meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) lebih dari lima kali lipat atau sebesar 532 persen antara tahun 2020 hingga 2050. Liz Truss melihat Indonesia sebagai mitra penting untuk visi “Global Britain (Inggris yang mendunia)”, sebagai negara demokrasi yang berpikiran sejalan, sesama pendukung lembaga dan hukum internasional dan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

”Sebuah hubungan yang lebih dalam dengan Indonesia, sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia serta kekuatan ekonomi saat ini dan di masa depan, akan membantu mengamankan masa depan yang sukses bagi Inggris dan mewujudkannya bagi rakyat kita,” kata Menlu Liz Truss yang disampaikan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Selama kunjungannya ke Indonesia Menlu Liz Truss akan meluncurkan kelompok kerja gabungan pertama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), yang bekerja untuk melawan ekstremisme.

Dia juga akan mengunjungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memfasilitasi kolaborasi lebih lanjut dalam menangani kejahatan siber, keamanan, dan peningkatan kapasitas. Lebih lanjut, diplomat top Inggris itu akan menyelenggarakan dialog “Build Back Better World” dengan para eksekutif senior di bidang keuangan, untuk mempromosikan investasi di Indonesia.

Dalam kunjungannya, Liz Truss juga akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (jJokowi) dan Menlu Retno Lestari Piransari Marsudi untuk membicarakan diplomasi ekonomi, dialog perdagangan dan teknologi, serta isu-isu kebijakan luar negeri. (rendi)