Menkes Sebut 3.000 Orang Positif Covid-19 Pergi ke Mal

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

Jakarta, CTRS.iD – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, setelah kurang lebih sebulan peluncuran aplikasi Pedulilindungi, sudah ada 29.110.825 orang yang menggunakan aplikasi ini. Namun, ada lebih dari 3.000 orang positif Covid-19 yang terdeteksi aplikasi tersebut tidak melakukan isolasi.

“Kita bisa lihat surprisingly tetap saja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif Covid tapi masih jalan-jalan,” ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Dari jumlah tersebut, 3.161 orang terdeteksi melakukan check-in saat ingin masuk ke mal atau pusat perbelanjaan. Sebanyak 348 orang lainnya terdeteksi saat masuk ke dalam pabrik-pabrik industri.

“Masih masuk ke bandara 43 orang, masih naik kereta juga 63 orang, masih masuk restoran 55 orang. Padahal, orang-orang ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif Covid, yang seharusnya stay di rumah atau isolasi terpusat,” ujar Budi.

Jika ada orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan terdeteksi aplikasi PeduliLindungi, pihaknya akan langsung menjemputnya. Agar selanjutnya memastikan orang tersebut melakukan isolasi. *Ristia