Mahfud MD : Penangkapan 3 Teroris Tidak Ada Kaitannya Dengan MUI

Mahfud MD

JAKARTA – Merespons penangkapan 3 terduga teroris yang melibatkan oknum MUI, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tidak ada hubungannya antara MUI dengan terorisme.

Mahfud meminta masyarakat jangan berasumsi ada kaitan anatara MUI dengan terorisme. Mahfud menjamin proses hukum terhadap 3 terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 akan berjalan secara terbuka dan sesuai dengan prosedur hukum.

Ketua Umum MUI, Miftachul Akhyar akan melakukan evaluasi internal, pasca ditangkapnya Anggota Komisi Fatwa MUI oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri. Kondisi internal MUI tidak tergoncang dengan penangkapan tersebut.

Selasa pekan lalu, 3 terduga teroris ditangkap oleh Tim Densus 88 Anti Teror di Bekasi Jawa Barat. Mereka diduga terafiliasi dengan jaringan Jamaah Islamiah.

Salah satu yang ditangkap, yakni Ahmad Zain, merupakan Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Polisi mengungkapkan, Ahmad Zain sebagai Anggota Dewan Syura Jemaah Islamiah dan terlibat dalam pendanaan kegiatan terorisme.

Ditangkapnya Anggota Komisi Fatwa MUI direspons beragam oleh masyarakat. Banyak yang menilai MUI kecolongan. MUI sudah disusupi teroris. 

Menanggapi reaksi masyarakat terhadap MUI, Ketua MUI, Miftachul Akhyar menegaskan, MUI akan evaluasi pasca ditangkapnya Ahmad Zain oleh Densus 88. MUI juga kembali menekankan sudah ada fatwa di MUI yang menyebut aksi teror itu haram.Pemerintah menegaskan tidak ada kaitan mui dengan terorisme. Pemerintah juga menjamin proses hukum terhadap tiga terduga teroris, termasuk oknum anggota Komisi Fatwa MUI akan dilakukan secara terbuka dan sesuai dengan prosedur. (Rendi)