KKB Papua Dapat Amunisi Dari Donatur yang Manfaatkan Dana Desa

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Polda Papua menangkap salah satu pelaku yang berperan sebagai pemberi dana atau donatur pembelian amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan pelaku berinisial TL itu ditangkap di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Rabu (4/8).

“Kami sudah menahan satu orang berinisial TL yang diduga sebagai pemberi dana kepada KKB untuk membeli amunisi,” kata Kamal dalam keterangannya, Rabu (10/8).

Kamal menerangkan penangkapan TL selaku pemberi dana itu bermula dari penangkapan seorang oknum ASN Kabupaten Nduga berinisial AN.

Kala itu, AN diketahui kedapatan membawa 615 amunisi dan satu buah senjata api rakitan di wilayah Yalimo pada 30 Juni lalu.

Diungkap Kamal, dari pemeriksaan terhadap pelaku TL diketahui bahwa uang yang digunakan untuk membeli amunisi bagi KKB itu berasal dari dana desa.

“TL memberi Rp150 juta secara sukarela dari dana Desa,” ucap Kamal.

Kamal menyampaikan bahwa TL saat ini telah diterbangkan ke Polres Yalimo untuk diperiksa lebih lanjut. TL, kata Kamal, saat ini juga telah berstatus sebagai tersangka.

Di sisi lain, Kamal menyebut bahwa masih ada dua oknum pejabat kampung yang tengah dikejar. Keduanya juga berperan sebagai pemberi dana.

“Total ada tiga oknum pejabat kampung yang memberikan uang kepada AN. Total uang yang diberikan kepada AN untuk membeli amunisi adalah Rp450 juta. Jadi masih ada dua oknum pejabat kampung yang kita cari, mereka berbeda distrik dari TL,” tutur Kamal. ( RBY )