Ketua Partai Sentris Akui Abbas dan Israel Membahas Perkuatan Ekonomi Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Ramallah, CTRS.iD – Ketua partai Sentris akui  Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Kota Ramallah, Tepi Barat pada Ahad (29/8), Ini pertemuan tingkat tertinggi antara Abbas dan menteri Israel yang diumumkan secara terbuka sejak pembentukan pemerintahan baru Israel pada Juni.

Gantz mengatakan kepada Abbas, Israel akan menempuh langkah-langkah untuk memperkuat ekonomi Palestina, menurut pernyataan resmi kantornya. “Mereka juga membahas tentang membangun situasi keamanan dan ekonomi di Tepi Barat dan di Gaza,” tulis pernyataan itu.

Masyarakat mengutuk keras atas serangan yang dilakukan tentara Israel kepada rakyat Palestina beberapa hari terakhir, serta mendukung kemerdekaan bagi palestina.

“Keduanya sepakat untuk melanjutkan komunikasi lebih lanjut mengenai isu-isu yang dibahas selama pertemuan,” imbuh keterangan tersebut.

Anggota Komite Sentral Fatah Abbas Hussein Al Sheikh mengatakan, pembahasan itu meliputi “semua aspek” relasi Palestina-Israel. Pembicaraan damai di antara kedua belah pihak kandas pada 2014, meski Israel selama beberapa tahun terakhir mencapai kesepakatan normalisasi dengan sejumlah negara Arab di bawah dukungan AS.

Sedangkan pertemuan di Ramallah berlangsung hanya beberapa hari setelah Bennett bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. Biden kembali menegaskan dukungan untuk solusi dua negara. Ristia/Sudin Hasibuan