Kapolri Resmikan ASAP Digital

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital Nasional

Jakarta, CTRS.iD – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) Digital Nasional. Aplikasi ini untuk mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Jenderal Sigit mengungkapkan, ASAP digital nasional nantinya bakal berintegrasi dengan aplikasi penanganan Karhutla, yang dimiliki kementerian-lembaga, BUMN, dan Polda. Hal itu dapat mempercepat pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Baru saja kami sama-sama melaksanakan launching aplikasi ASAP digital Nasional. Sebenarnya aplikasi ini menggabungkan seluruh potensi yang ada di kementerian-kementerian, di BUMN untuk kami satukan menjadi satu sistem pengawasan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan karhutla secara lebih cepat,” kata Sigit dalam jumpa pers di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/9/2021).

Diketahui, selama 2021 telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia seluas 105.791 ha di 800 titik api.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan perhatian khusus terhadap dampak dari kerusakan yang disebabkan oleh karhutla tersebut. *Ristia