Kapolri Himbau Jajaran Proaktif Bantu Masyarakat, Gelar Kegiatan ‘Temu Warga’

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo
Rapat Jajaran Kepolisian yang dipimpin Kapolri

Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus melakukan pembenahan di tubuh Polri. Terbaru, dia meminta jajarannya menggelar kegiatan ‘Temu Warga’. Dia berharap lewat agenda itu, polisi proaktif untuk mendengar dan menyelesaikan persoalan masyarakat secara langsung.

Perintah tersebut disampaikan Sigit dalam video conference analisis dan evaluasi kepada seluruh jajaran di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/1/2022). Dia memberi arahan agar institusi Korps Bhayangkara ke depannya semakin dicintai dan diharapkan masyarakat.

Sigit cukup lama melakukan analisis dan evaluasi kepada jajarannya, tepatnya sejak pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sigit berharap, dengan adanya kegiatan tersebut seluruh personel kepolisian pada 2022 ini dapat menyiapkan program terbaik serta melakukan perbaikan-perbaikan.

Dalam pengarahannya, Sigit menekankan jajarannya agar terus melakukan perbaikan pelayanan publik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Menurut Sigit, semangat perubahan itu sebagaimana dengan transformasi Polri yang Presisi. Kepolisian mau tidak mau harus melakukan perubahan untuk mewujudkan polisi yang diharapkan dan dicintai masyarakat.


Guna menjaga kepercayaan publik, mantan Kapolda Banten ini menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau pelanggaran. Sigit ingin personel kepolisian jadi sosok yang memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Lanjut Sigit, polisi juga harus mampu menyelesaikan masalah di lapangan, menjadi problem solver, menegakkan hukum dengan tegas dan humanis, serta menjadi representasi kehadiran negara di kala masyarakat membutuhkan kehadiran Polri.

“Di mana Polri harus hadir dan keberpihakan kepada masyarakat yang selama ini membutuhkan adanya nilai keadilan harus terus ditingkatkan. Khususnya responsif terhadap apa yang menjadi kemauan masyarakat,” ucapnya.

Kapolri Minta Jajaran Gelar Kegiatan Temu Warga
Dalam evaluasinya, Sigit menekankan seluruh jajarannya untuk bekerja lebih keras lagi meningkatkan kepercayaan publik yang belakangan ini menurun. Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan turun secara langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

Sigit menekankan agar seluruh personel kepolisian, terutama di level pimpinan untuk tidak enggan dan sungkan menemui masyarakat secara langsung, dengan siapapun dia tanpa memandang status sosial ataupun jabatannya.

Kegiatan temu warga, lanjut Sigit, merupakan upaya jemput bola sekaligus langkah proaktif Polri untuk menghilangkan sumbatan komunikasi dan bisa memperkuat hubungan antara polisi dan warga. Tak hanya itu, hal tersebut juga menjadi jembatan komunikasi bagi masyarakat yang hopeless, frustrasi, dan berpersepsi negatif ke kepolisian.

“Saya yakin kita mampu menjalani ini semua. Diharapkan ke depan Polri dapat menjadi institusi yang dekat dan dicintai masyarakat sebagaimana transformasi menuju Polri yang Presisi,” ujar eks Kabareskrim ini.

“Terkait dengan pembinaan dan perbaikan terus kita lakukan untuk meningkatkan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Karena Polri betul-betul bisa hadir melaksanakan tugas pokok secara profesional, kita tidak antikritik dan perbaiki koreksi-koreksi yang diberikan masyarakat dan betul-betul bisa diperbaiki,” sambungnya. (Binjoe)