Kantor Kemenku Jerman Digerebeg

Bendera Jerman

Berlin, CTRS.iD — Kejaksaan Jerman pada Kamis (9/9) menggerebek kantor Kementerian Keuangan dan Kementerian Kehakiman dalam penyelidikan terhadap badan antipencucian uang pemerintah. Peristiwa itu menyoroti kegagalan Jerman dalam menangani kejahatan keuangan.

Itu dilakukan terhadap Unit Intelijen Keuangan (FIU)-sebuah badan di Kementerian Keuangan di bawah kandidat kanselir dari Sosial Demokrat, Olaf Scholz- untuk memeriksa apakah unit tersebut diperintahkan untuk mengabaikan peringatan dari bank tentang adanya pembayaran mencurigakan ke Afrika. Penggerebekan itu terjadi ketika hasil jajak pendapat mengatakan Scholz memiliki peluang bagus untuk menjadi kanselir Jerman dalam pemilihan nasional pada 26 September.

FIU, bersama regulator keuangan Jerman, Bafin, berada di bawah Kementerian Keuangan. Sebelumnya mereka dikritik karena gagal mendeteksi masalah di perusahaan pembayaran Wirecard yang runtuh dalam skandal penipuan terbesar di negara itu pascaperang.

Para anggota parlemen dari kubu oposisi langsung mengkritik Scholz. “Ini adalah risiko keamanan bagi Jerman,” kata anggota parlemen Fabio De Masi. Kementerian Keuangan mengatakan telah menambah staf di FIU dari 165 menjadi lebih dari 460 orang, serta memberikan lebih banyak tanggung jawab dan sumber daya teknis. Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mendukung penyelidikan. Mereka juga menegaskan bahwa kecurigaan tidak diarahkan pada pegawai kementerian. *Ristia/Sudin