Jet Tempur F-16 Milik Angkatan Udara Taiwan Hilang Saat Latihan Militer DI Atas Laut

Ilustrasi. Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan hilang saat latihan tempur di atas laut pada Selasa (11/1).

Jakarta – Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Taiwan hilang saat latihan tempur di atas laut pada Selasa (11/1).

Kementerian Pertahanan mengatakan F-16V, tipe pesawat paling canggih di AU Taiwan, hilang dari radar setelah lepas landas dari pangkalan udara Chiayi di Taiwan selatan.

Presiden Tsai Ing-wen mengeluarkan instruksi untuk tidak menyia-nyiakan upaya dalam misi pencarian dan penyelamatan. Ia juga meminta militer memperjelas penyebab kecelakaan itu.

Pusat Komando Penyelamatan Taiwan mengatakan sejumlah saksi mata melihat pesawat itu jatuh ke laut. Dikutip Reuters, helikopter serta kapal juga telah dikerahkan untuk mencari pilotnya.

F-16V hilang di atas perairan barat Taiwan pada Selasa sore. Jet dengan nomor serial 6650 hilang dari radar sekitar pukul 15.23 waktu setempat, 30 menit setelah lepas landas saat latihan rutin.

Ini bukan lah pertama kalinya insiden kecelakaan militer terjadi saat latihan. Pada akhir 2020, sebuah F-16 Taiwan juga menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan dalam misi pelatihan rutin.

Tahun lalu, dua pesawat tempur F-5E, yang pertama kali memasuki layanan di Taiwan pada 1970-an, jatuh ke laut di lepas pantai tenggara setelah mereka tampaknya bertabrakan di udara selama misi pelatihan.

Rentetan kecelakaan militer ini terjadi ketika Taiwan terus berada di bawah tekanan China yang semakin getol melancarkan provokasi militer ke wilayah yang dianggap Beijing sebagai pembangkang itu.

China sering mengerahkan puluhan jet tempurnya menerobos wilayah udara Taiwan sebagai ultimatum terhadap niat Taipei untuk memerdekakan diri. ( Fikri )