Ikrar Setia NKRI Satu Napiter Lapas Pati

Kepala Bapas Kelas II Pati, Muhamad Nurseha (kiri berkacamata), mendampingi napiter berikrar setia NKRI
Kepala Bapas Kelas II Pati, Muhamad Nurseha (kiri berkacamata), mendampingi napiter berikrar setia NKRI

Pati – Satu narapidana teroris (napiter) Lapas Kelas II Pati menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ikrar berlangsung di Aula Lapas Kelas IIB Pati, Rabu (11/05/22), dihadiri dan disaksikan langsung oleh Direktur Pembinaan Narapidana Latihan Kerja dan Produksi Dirjenpas, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Kapolres dan Kodim 0718/Pati, Kemenag, Idensus 88 dan BIN, serta perwakilan keluarga napiter.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ikrar setia kepada NKRI, pembacaan Pancasila dan penghormatan kepada Bendera Merah Putih sebagai wujud rasa kecintaan dan kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Dilanjutkan penandatanganan naskah kesetiaan.

Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pati Kanwil Kemenkumham Jateng, Muhamad Nurseha, yang turut hadir dan menyaksikan prosesi itu mengatakan, momen ini merupakan bentuk keberhasilan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas Pati dalam pembinaan terhadap napiter.

“Momen ini sebagai wujud keberhasilan PK Bapas Pati yang telah berhasil melalukan pembinaan serta pendekatan pada saat pelaksanaan Litmas terhadap napi teroris tersebut. Sehingga dapat membuat napi teroris berikrar setia kepada NKRI”, kata Nurseha.

Dalam kesempatan itu, dia merasa bersyukur dan mengapresiasi kinerja Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya Bapas Pati, Bambang Sulistyo, yang sebelumnya telah melaksanakan kegiatan penelitian kemasyarakatan terhadap napiter itu.

Sementara itu, PK Ahli Madya Bapas Pati, Bambang Sulistyo menyatakan kesiapannya untuk selalu membimbing napiter, sehingga yang bersangkutan pada waktunya nanti, dapat kembali ke lingkungan masyarakat, bersosialisasi dan hidup berdampingan selayaknya warga umumnya. ( Abdul Mapakhir )