(Film Hotel Mumbai) Kisah Nyata Serangan Teroris Pada 2008

Adegan Film Hotel Mumbai

Jakarta – Hotel Mumbai merupakan salah satu film laga thriller hit yang rilis pada 2018. Film hasil adaptasi kisah nyata itu terinspirasi dari dokumenter Surviving Mumbai yang rilis pada 2009. Berikut Film Hotel Mumbai. Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di Taj Mahal Palace Hotel. Saat itu, ada sekelompok teroris dari Pakistan menembakkan senjata dan mengebom secara membabi-buta.

Hotel Mumbai mengalami sedikit modifikasi. Mengambil lokasi di Mumbai, India, dituturkan cerita pembunuhan massal yang menewaskan ratusan korban jiwa, termasuk sembilan orang teroris yang menjadi korban tambahan.

Film dimulai dengan latar waktu 26 November 2008. Kala itu, seorang pelayan bernama Arjun (Dev Patel( hendak bekerja di Taj Mahal Palace Hotel, Mumbai India. Ia akan menjadi kaki tangan kepala koki Hemant Oberoi (Anupam Kher).

Hari itu, salah satu tamu yang hadir adalah Zahra Kashani (Nazanin Boniadi), seorang pewaris keturunan Inggris-Iran, bersama suaminya, David (Armie Hammer), yang berkebangsaan Amerika Serikat.

Anak mereka yang masih bayi, Cameron, serta pengasuhnya, Sally (Tilda Cobham-Hervey), juga ikut hadir di hotel itu. Vasili (Jason Isaacs) yang merupakan mantan agen Spetznaz berada di restoran bersama Zahra dan David.

Namun, situasi berubah mencekam ketika teroris dari organisasi Lashkar-e-Taiba melancarkan serangan berencana terhadap 12 lokasi di Mumbai, termasuk Taj Mahal Palace Hotel.

Sayangnya, polisi setempat tidak terlatih dan tidak diperlengkapi persenjataan yang baik. Sehingga, mereka harus menunggu bantuan dari New Delhi.

Di tengah kekacauan itu, Arjun, David, Zahra, dan Vasili terjebak di restoran hotel dengan beberapa tamu lainnya. Sedangkan Sally dan Cameron berada di kamar dan tidak menyadari serangan itu.
David kemudian berhasil membawa Sally dan Cameron bersama dengannya. Mereka kemudian berusaha untuk bisa tetap selamat di tengah ancaman teroris tersebut.

Arjun juga berusaha menyelamatkan orang lebih banyak. Ia membantu para tamu hotel untuk bisa masuk ke Chambers Lounge, sebuah klub tersembunyi di dalam hotel, dengan keyakinan bisa membuat mereka selamat.

Naskah film hasil adaptasi kisah nyata ini ditulis John Collee yang sebelumnya menjadi penulis naskah film Master and Commander (2003), Happy Feet (2006), Creation (2009), dan Walking with Dinosaurs (2013).

Sementara itu, pengarahan dipercayakan kepada Sutradara Anthony Maras yang memenangkan Best Short Fiction Film dan Best Screenplay in a Short Film AACTA Awards 2012 lewat film The Palace.

Hotel Mumbai pertama kali tayang di Toronto International Film Festival pada 7 September 2018. Sementara itu, film itu sudah tayang di bioskop Indonesia pada 6 April 2019. ( Fikri )