Empat Pejuang Kurdi Tewas Akibat Serang Militan ISIS Di Pos Keamanan Kirkuk

Ilustrasi bendera ISIS

Baghdad – Militan ISIS kembali beraksi di kawasan pemukiman Kurdi di Kirkuk pada Minggu (5/12/2021) malam. Sebanyak empat pejuang Peshmerga Kurdi Irak tewas dalam serangan yang diduga dilakukan oleh kelompok ISIS.

Seorang pejabat keamanan irak, Senin (6/1/2021) mengatakan serangan ketiga dalam waktu kurang dari dua minggu terakhir ini. Dilaporkan, lima pejuang Peshmerga juga terluka dalam seranan itu yang menargetkan sebuah pos terdepan di utara Kirkuk. Dilansir AFP, pasukan Kurdi mengkonfirmasi serangan mematikan itu.

Tetapi tidak menjelaskan bagaimana para pejuang Peshmerga tewas dan luka-luka. Itu menjadi serangan ketiga militain ISIS terhadap para pejuang Kurdi Di Irak utara.

Pada Kamis (2/12/2021), Irak mengaku bertanggung jawab atas serangan di selatan ibukota Kurdi Irbil. Dimana, menewaskan sedikitnya sembilan pejuang Peshmerga dan tiga warga sipil.

Pada akhir November 2021, lima Peshmerga tewas terkena ranjau yang juga diklaim oleh kelompok militan ISIS. ISIS merebut sebagian besar Irak dalam serangan kilat pada 2014.

Tetapi, berhasil dipukul mundur oleh kampanye kontra-pemberontakan yang didukung oleh koalisi militer pimpinan AS Pemerintah Irak menyatakan para ekstremis dikalahkan pada akhir 2017. Tetapi, ISIS masih mempertahankan sel-sel tidur yang masih menyerang pasukan keamanan dengan serangan kilat. ( Fikri )