Bupati Kediri Gencarkan Deradikalisasi Untuk Mencegah Terorisme

Kediri – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta seluruh ketua RT di Kabupaten Kediri untuk berperan aktif melaporkan bila menemukan kegiatan warga di daerahnya yang mencurigakan. “Saya minta tolong kalau ada kegiatan masyarakat yang mencurigakan agar segera dilaporkan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menjelaskan, langkah tersebut adalah respons terhadap penangkapan dua terduga teroris oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Kabupaten Kediri. Adapun penangkapan teroris di Kabupaten Kediri sudah lebih dahulu diketahui oleh pihaknya. “Dua terduga teroris tersebut sudah dalam pantauan sejak beberapa waktu lalu. Ada tim yang selalu lapor ke saya terkait hal ini,” papar Mas Dhito.

Keamanan dan kenyamanan warga Kediri, lanjut Mas Dhito, menjadi prioritas utama. Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah dan aparat tidak bisa bekerja sendiri. Kerja sama dan peran semua pihak dibutuhkan guna menanggulangi terorisme. “Kita perlu bergandengan tangan untuk melawan tindak pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang satu ini,” tuturnya. (Rendi)