Bongkar Identitas Pelaku Penendang Sesajen di Semeru, Netizen: Perbuatan Teroris

Tangkapan layar netizen bongkar identitas pelaku penendang sesajen di Semeru. (Twitter EkoSepu21260933)

Jakarta – Sosok pria penendang sesajen di lokasi bencana letusan Gunung Semeru, belakangan ini menuai perhatian publik usai video yang memperlihatkan aksinya itu viral di media sosial.

Terkait hal itu, netizen pun ramai-ramai mencari identitas pelaku penendang sesajen di Semeru itu. Salah satunya, yakni pengguna Twitter EkoSepu21260933. Lewat unggahannya pada Senin, 10 Januari 2022, netizen itu membagikan data identitas pelaku yang telah membuang sesajen tersebut.

Netizen itu menilai, aksi pelaku tersebut mencerminkan sikap intoleran. Menurutnya, jika pria itu tak percaya sesajen maka silahkan saja namun jangan merasa paling benar sendiri. Pasalnya, kata sang netizen, sesajen merupakan adat budaya masyarakat Indonesia dan hal itu merupakan cerminan dari Bhineka Tunggal Ika di NKRI.

“Nih Bio Data Kadrun Teroris, Pelaku intoleran,kalau tak percaya sesajen ya silahkan saja tapi jangan memaksakan kehendak merasa paling benar sendiri, karena sesajen adalah Adat Budaya, NKRI Bhinneka Tunggal Ika,” cuit netizen EkoSepu21260933.

Dilihat dari unggahan netizen itu, tampak foto wajah pelaku penendang sesajen di Semeru itu lengkap dengan identitasnya. Pelaku menurut unggahan sang netizen yakni bernama Hadfana Firdaus. Ia merupakan warga Desa Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

“Nama: Hadfana Firdaus. Belum Kawin. Pekerjaan: Pelajar/Mahasiswa. Desa Tereng, Kelurahan Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat,” demikian narasi tertulis dalam biodata pelaku yang diunggah netizen itu. Diketahui, video yang memperlihatkan aksi pelaku penendang sesajen di Semeru itu beredar luas di media sosial.

Dalam video itu, terlihat pelaku awalnya menunjukkan adanya sesajen warga di sekitar lokasi tersebut. Setelah itu, ia lantas membuang dan menendang piring sesajen itu sambil meneriakkan kalimat takbir.

Menurut pelaku penendang sesajen itu, banyak yang tidak menyadari bahwa hal tersebut akan membuat Allah SWT murka hingga menurunkan azabNya. “Ini yang membuat murka Allah ya. Jarang sekali disadari bahwa inilah yang justru mengundang murka Allah. Hingga Allah menurunkan azabNya, Allahu Akbar,” tegasnya. ( Fikri )