BNPT Bekerja Sama Dengan Hedayah Center Di Abu Dhabi Dalam Pencegahan Paham Radikalisme

UEA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar melangsungkan kunjungan kerjanya ke Hedayah Center di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Diketahui, Hedayah Center adalah kelompok internasional perlawanan terhadap kelompok ekstrem berbasis di Abu Dhabi. 

“Hedayah Center merupakan partner strategis dalam rangka membahas isu-isu terkini yang berkaitan dengan penanggulangan ekstrimis berbasis kekerasan atau yang lebih dikenal dengan Countering Violent Extrimist (CVE),” tulis Boy dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (2/11/2021).

Boy menjelaskan, giat kunjungan dilaksanakan guna membahas kelanjutan Kerjasama dan berkolaborasi pada rencana program-program perlawanan terhadap terorisme, terutama di Tahun 2022.

Menurut Boy, terorisme merupakan suatu tindak kejahatan dan musuh bersama yang harus dilakukan suatu upaya komprehensif.

Dalam kesempatan tersebut, Boy menyampaikan penghargaan kepada Hedayah dengan peluncuran cetak biru atau Blue Print rehabilitasi dan reintegrasi. Boy berharap Cetak Biru itu dapat digunakan sebagai acuan dalam program dan kegiatan Deradikalisasi di Indonesia.

“Kami percaya bahwa Cetak Biru ini dapat digunakan sebagai acuan penting bagi BNPT untuk mendukung Program Deradikalisasi BNPT secara pendampingan yang disesuaikan, dan disesuaikan dengan konteks lokal,” kata mantan Kapolda Papua ini.

Boy juga menyampaikan apresiasi terhadap Hedayah, sebab menyorot pengalaman tentang perlakuan terhadap anak-anak dan keluarga yang terkena dampak ekstremisme kekerasan di Handayani Center Indonesia sebagai salah satu praktik terbaik dalam Cetak Biru Hedayah. (Fikri)