Bahas Pemulihan Ekonomi Global, Indonesia Siap Petik Manfaat Forum G20

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Jakarta, CTRS.iD – Sepanjang 2020 terjadi berbagai tantangan dalam perekonomian global. Salah satunya adalah terjadinya pandemi COVID-19. Meskipun persoalannya adalah masalah kesehatan, namun dampaknya sangat luas di bidang ekonomi dan keuangan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk menangani tantangan global tersebut dilakukanlah langkah-langkah G20 Action Plan.

“G20 juga telah melakukan pembahasan dan reformasi di bidang arsitektur keuangan global, terutama di dalam memperkuat jaring pengaman keuangan internasional dan juga adanya upaya untuk menciptakan tata kelola dan debt sustainability and transparency dari pinjaman-pinjaman atau hutang di semua negara, terutama negara-negara miskin yang mendapatkan dana dari berbagai pihak,” kata Menkeu dalam Konferensi Pers Menuju Presidensi G20 Indonesia 2022 secara virtual, di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Dalam perdagangan internasional, lanjut Menkeu, G20 Actions mendukung pemulihan perdagangan short term & longer term termasuk trade facilitation. Saat Presidensi G20 di Saudi Arabia juga ada inisiatif Riyadh yang berisi tentang reformasi World Trade Organization (WTO). *Ristia