5 Napiter Angkat Sumpah Setia Pada NKRI

Kadiv PAS Kumham DKI Saksikan 5 Napiter Angkat Sumpah Setia NKRI
Kadiv PAS Kumham DKI Saksikan 5 Napiter Angkat Sumpah Setia NKRI

Jakarta – Sebanyak 5 narapidana tindak pidana terorisme (Napiter) Lapas Kelas I Cipinang Kumham DKI lakukan ikrar setia kepada NKRI, Rabu, 23 Februari 2022.

Ikrar setia NKRI ke 5 Napi itu dilakukan di aula Gd. 2 Lapas I Cipinang yang disaksikan secara langsung Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta; Marselina Budiningsih, Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjenppas yang diwakili oleh Koordinator Pembinaan Kepribadian Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Herastini;

Kepala Balai Pemasyarakatan Timur Utara, Nety Saraswaty; Direktur Deradikalisasi BNPT yang diwakili oleh Kasubdit Bina Dalam Lapas, Kol. Roedy Widodo; Direktur Idensos yang diwakili oleh Kasubdit Soialisasi Kombes Pol Kurnia Wijaya,dan Direktur Yayasan Ruang Damai,  zainal.

Kalapas I Cipinang, Tonny Nainggolan menjelaskan kegiatan diawali dengan penandatangan surat pernyataan hingga pengucapan ikrar setia NKRI, jelasnya kepada media via telepon, Rabu, 23 Februari 2022.

Tonny menambahkan  pengucapan Ikrar Setia kepada NKRI oleh 5 Narapidana Terorisme tidak bisa dipaksakan, oleh karenanya narapidana teroris benar benar memaknai dan mencintai tanah air seutuhnya maka diperlukan sejumlah upaya seperti pemahaman,pembinaan kepribadian hingga bela negara, sehingga para napi kembali berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD 1945, tandasnya.

Berikrar tulus serta setia kepada NKRI dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, meningkatkan kesadaran Bela Negara untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa ini, pungkas Tonny.

Ia pun menerangkan bahwa pengucapan Sumpah Setia kepada NKRI merupakan salah syarat bagi Napiter untuk bisa di kemudian hari diajukan hak-haknya seperti remisi, Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Bersyarat (CB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Program lainnya yang ada di Pemasyarakatan dengan tujuan mempercepat mereka bisa kembali diterima di tengah-tengah masyarakat.

Tonny berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan kecintaan kepada NKRI bagi narapidana tindak pidana terorisme lainnya,sehingga dalam pelaksanaanya  tidak ada paksaan dan merupakan kesadaran yang datang dari diri sendiri.

Dengan dilaksanakannya kegiatan pernyataan ikrar setia kepada NKRI ini saya berharap menjadi titik awal bagi saudara-saudara warga binaan untuk menanamkan kecintaannya kepada NKRI,sehingga dapat bersikap adil, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, ucap Tonny dihadapan para napiter.

Dalam kesempatan yamg sama,  Kadiv Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih menyampaikan  sangat mengapresiasi 5 napiter yang telah mengikrarkan janji setianya terhadap NKRI.

‘Ini salah satu bukti keberhasilan pembinaan kepada narapidana yang dilakukan oleh Lapas Kelas I Cipinang,’ pujinya.

Marselina mengajak seluruh napiter agar siap mencintai NKRI dan bersama-sama menjaga Pancasila dengan menghargai perbedaan yang ada dan memahami bahwa Pancasila bukan hanya berkedudukan sebagai Dasar Negara Republik Indonesia tetapi juga sebagai Ideologi Nasional, Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, dan Pemersatu Bangsa, ajaknya. ( Abdul Mapakhir )