4 Titik Lokasi Latihan Kelompok Teroris Jamaah Islamiyah Di Sulawesi Selatan

Makasar – Tertangkapnya dua terduga teroris jaringan Jemaah Islamiyah berinisial MU dan MM di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan mengungkap banyak hal. Salah satu hal yang terungkap adalah sejumlah lokasi latihan anggota Jemaah Islamiyah di Pulau Sulawesi. 

Plt Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ade Indrawan menyebutkan MU dan MM mengetahui lokasi itu karena jabatan mereka dalam struktur organisasi Jemaah Islamiah adalah Toliyah atau fasilitator. Toliyah ini bertugas sebagai orang yang menyiapkan lokasi peristirahatan dan lokasi latihan para anggota Jemaah Islamiyah. 

“Toliyah bertugas untuk memfasilitasi tempat pertemuan maupun tempat peristirahatan tamu dari wilayah Sulawesi Selatan serta menyimpan senjata milik organisasi Jemaah Islamiah di wilayah Sulawesi,” kata Ade kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Sebagai anggota Toliyah Jemaah Islamiyah, MU dan MM pun harus menyiapkan lokasi latihan bagi para anggota Jemaah Islamiyah lainnya. Berikut sejumlah lokasi yang pernah menjadi tempat latihan para anggota Jemaah Islamiyah di wilayah Sulawesi Selatan:

Ade menjelaskan bahwa Jemaah Islamiyah ternyata memiliki sejumlah tempat latihan bagi para anggotanya di Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah di Pulau Bulo-Buloe yang berada di Teluk Bone, Sulawesi Selatan. 

“Pada tahun 2003 dan tahun 2006, mengikuti kegiatan Tadabbur Alam di Pulau Bulo-Buloe, Teluk Bone menggunakan senjata api jenis M16,” ucap Ade. ( Fikri )