373 Napi Rutan Klas 1 Makassar Dapat Remisi

Kepala Rutan Klas I Gunung Sari Makassar, Moch Muhidin.
Kepala Rutan Klas I Gunung Sari Makassar, Moch Muhidin.

MAKASSAR – Sebanyak 373 penghuni Rutan Klas 1 Gunung Sari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendapat remisi khusus (RK) Lebaran Idulfitri 2022.

Kepala Rutan Klas I Gunung Sari Makassar, Moch Muhidin, mengatakan yang mendapat remisi adalah narapidana berkelakuan baik dan terbukti tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam waktu enam bulan terakhir

Pemberian remisi dihitung dari tanggal yang ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM setelah sebelumnya diusulkan dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh lembaga pemasyarakatan dan rutan sumur.

Narapidana yang dipidana melakukan tindak pidana terorisme, narkotika, korupsi, kejahatan terhadap keamanan negara, kejahatan berat hak asasi manusia, dan kejahatan atau kejahatan transnasional lainnya yang terkait dengan PP Nomor 99 Tahun 2012 Pasal 34A.

Selain persyaratan di atas, kata dia, harus memenuhi persyaratan tambahan berupa telah membayar denda dan ganti rugi sesuai dengan putusan pengadilan bagi narapidana yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi.

Secara khusus, narapidana terorisme, telah mengikuti program deradikalisasi yang diselenggarakan Lapas atau BNPT, serta berjanji setia kepada NKRI secara tertulis bagi narapidana WNI dan tidak akan mengulangi tindakan terorisme secara tertulis bagi narapidana WNA.

Saat ini jumlah penghuni Rutan Klas I Makassar per 2 Mei 2022 sebanyak 1.839 orang, sedangkan daya tampung Rutan 1.000 orang.

Rinciannya, 394 kasus pidana umum, 1.430 narkotika, 6 orang korupsi, 2 orang illegal logging, 2 orang illegal trafficking. Jenis kelamin 1.608 laki-laki, 231 perempuan, dan tambahan lima bayi.

“Remisi adalah pengurangan hukuman berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia,” kata Muhidin. ( Abdul Mapakhir )