3 Militer dan 2 Militan Tewas Akibat Baku Tembak di Pakistan

Ilustrasi

Pakistan – Pasukan keamanan Pakistan menyerbu dua tempat persembunyian militan di bekas kubu pertahanan Taliban dekat Afghanistan. Kedua serbuan itu memicu baku tembak yang menewaskan empat tentara dan dua militan.

Militer Pakistan mengatakan pada Jumat (31/12), serangan pertama dilancarkan di distrik Tank di barat laut, dan menewaskan dua militan. Serangan lainnya, kata mereka, dilakukan di distrik Waziristan Utara, di mana militer berhasil menangkap seorang militan sebelum empat tentara tewas dalam bentrokan itu.

Militer mengatakan pasukan menyita sejumlah senjata pada kedua serangan itu. Mereka tidak memberi rincian lebih lanjut mengenai para tentara yang terbunuh dan militan yang ditahan.

Waziristan Utara merupakan kubu pertahanan militan selama puluhan tahun. Militer melancarkan serangan besar-besaran di wilayah tersebut setelah sebuah sekolah yang dikelola militer diserang pada Desember 2014 di kota Peshawar. Serangan yang diklaim oleh Taliban Pakistan itu menewaskan 147 orang, kebanyakan pelajar.

Kekerasan terbaru di Pakistan baratlaut ini terjadi sehari setelah bom pinggir jalan meledak di luar sebuah perguruan tinggi di Kota Quetta, yang terletak di wilayah baratdaya negara itu. Bom itu menewaskan enam orang dan melukai sedikitnya 13 lainnya. ( Fikri )